Oleh: Terompah | 11 November 2011

Makanan untuk Mengurangi Nyeri Haid

Haid merupakan rutinitas perempuan setiap bulannya. Begitu pentingnya masalah haid ini sampai-sampai ada bahasan khusus tentang haid dalam kitab-kitab fikih. Biasanya masalah ini terkompilasi di dalam Fiqh al Mar’ah. Namun kebanyakan bahasan dalam kitab-kitab fikih tersebut adalah sesuatu yang berhubungan dengan masalah hukum, dalam kaitannya dengan masalah ibadah.

Padahal, problematika haid itu sangat komplek sekali. Seperti rasa nyeri ketika haid, sampai-sampai ada perempuan yang mengalami pingsan ketika haid pada hari pertama.

Dalam hal ini ada beberapa makanan dengan kandungan nutrisi tertentu yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi rasa nyeri saat haid, antara lain:

  1. Makanan yang mengandung asam lemak esensial seperti omega 3 dan omega 6 yang banyak dijumpai pada ikan laut dalam, kacang-kacangan, flaxseed, dan lain-lain.
  2. Vitamin B, banyak dijumpai pada sayuran, kacang-kacangan, daging, makanan laut, telur, dan lain-lain.
  3. Mineral magnesium, bisa diperoleh dari sereal, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah-buahan, daging, ikan, dan lain-lain.
  4. Sumber antioksidan seperti vitamin A, C, E, yang bisa dikonsumsi dari sayur dan buah-buahan segar.
  5. Kurangi atau hindari makanan yang kaya akan lemak jenuh, gula sederhana, maupun kafein, seperti pada kopi, teh, cokelat, dan soda.

Namun jika nyeri saat haid masih dirasakan sangat mengganggu, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter kandungan dan kebidanan. Gunanya untuk mengetahui apakah ada masalah yang lebih mendasar, yang membuat haid selalu menyebabkan rasa sakit yang parah.

Source: kompas.com


Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori