Oleh: Terompah | 29 Oktober 2011

Istana Maimun Warisan Budaya Melayu

SAAT mengunjungi Medan, singgahlah sebentar ke Istana Maimun, sebuah istana tua peninggalan salah satu warisan budaya Melayu terbaik pada zamannya. Istana ini menjadi icon kota Medan yang keberadaannya banyak dikenal masyarakat lokal dan pendatang.

Istana terdiri dari dua lantai dan terbagi dalam tiga bagian, yakni bangunan induk, bagian sayap kiri dan sayap kanan. Tak jauh disebelahnya berdiri Masjid Al-Maksum atau yang juga disebut Masjid Raya Medan.

Yang menjadi daya tarik utama adalah disain interior istana yang merupakan perpaduan antara tradisi Islam dan kebudayaan Eropa. Bagian lantai dasar bangunan juga didominasi budaya Eropa. Konon, di awal pembangunannya seluruh material pokok bangunan istana berasal dari Eropa.

Untuk unsur Islam terlihat melalui bentuk lengkungan yang menyerupai perahu terbalik di sejumlah atap istana. Lengkungan dikenal sebagai pilar lengkungan Persia yang banyak dijumpai pada bangunan Timur Tengah, Turki dan India.

Ruang utama (balairung) istana terdiri dari 20 kamar tidur dan 4 kamar mandi, gudang, dapur dan penjara kecil. Warna kuning menjadi dominan warna di ruang tamu dikarenakan kuning merupakan warna kebesaran bagi budaya Melayu.

Balairung juga berfungsi untuk acara penobatan sultan atau acara adat lainnya. Selain itu digunakan pula sebagai tempat sultan menerima sembah sujud dari anggota keluarga pada hari besar Islam. (liburan.info/MI/RIZ). Gambar Istana Maimun, lihat di sini

Source: metrotvnews.com


Comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori